Kamis, 09 Februari 2012

Inilah Tujuh Crop Circles Terbesar di Dunia

Masih ingat fenomena crop circle yang terjadi di Sleman ?

Fenomena crop circles di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta boleh jadi yang pertama kali di Indonesia. Namun sebenarnya, ada beberapa pola serupa dengan ukuran jauh lebih besar di beberapa negara di dunia.

Crop circles  adalah suatu pola teratur yang terbentuk karena adanya perebahan sebagian tanaman, biasanya ditemukan di ladang pertanian, yang terkadang membentuk pola-pola tertentu.

Pola tersebut seringkali terbentuk hanya dalam waktu semalam. Karena pola yang ditemukan tidak selalu berbentuk lingkaran, crop circle juga sering disebut crop formation.

Sepanjang paruh ketiga abad 20, sekira 10 ribu crop formation dilaporkan ditemui di 26 negara (27 jika termasuk fenomena di Sleman, Yogyakarta) di seluruh dunia dan 90% di antaranya ada di selatan Inggris.

Dari sekian banyak fenomena crop formation di seluruh dunia, berikut ini beberapa di antaranya yang dilaporkan sebagai crop formation terbesar.

Namun, tidak semua crop formation ini misterius. Beberapa di antaranya merupakan buatan manusia. Berikut ketujuh crop circles tersebut:


1. The Human Butterfly

Sebuah crop formation berbentuk manusia bersayap kupu-kupu ditemukan di selatan Belanda, dekat kota Goes pada bulan Agustus 2009.

Ini adalah crop formation terbesar di dunia yang pernah ditemui dengan ukuran 530 x 450 meter.

Sekelompok orang dari Project Atlas membentuk crop formation ini sebagai simbol keindahan sekaligus kerapuhan manusia. (buatan manusia)


2. Dalian Cornfiled Maze

Seperti namanya, crop formation ini memang sebuah maze raksasa berukuran 22,7 hektare yang terletak di dekat jalan raya Dandong-Dalian, China.

Rute terpendek maze ini sepanjang 3.800 meter dan perlu waktu sekira satu jam untuk menyelesaikan perjalanan di maze ini.

Dan ternyata pola maze ini ada dua buah yang letaknya hanya beberapa kilometer diantara keduanya. Selain pola ini terdapat pula pola-pola lainnya, para peneliti berkesimpulan bahwa pola tersebut bertujuan militer.

Crop formation ini sengaja dibuat pemerintah setempat sebagai sarana promosi untuk menarik investor mengembangkan area pertanian di daerah Dalian, Cina. (buatan manusia)


3. Crop Circles Dalponte Farm

Pada tahun 2005 sebuah ladang perkebunan mint di Dalponte Farms, Richland, New Jersey, AS tiba-tiba ditemukan bergambar kelelawar seluas lebih dari 6.070 meter persegi.

Namun setelah diperhatikan, ternyata gambar kelelawar tersebut merupakan logo dari Bacardi, yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi minuman beralkohol. (buatan manusia)


4. Crop Circles Torino

Selain di beberapa negara lainnya, crop formation juga ditemui di Italia, tapi ini yang terbesar di Italia.
Salah satu crop cirles yang terbesar ini dilaporkan terlihat di Torino pada 13 Juni 2010.

Pola yang ditemui di negeri ini berbentuk bunga dengan enam kelopak.

Sebagian pengamat menafsirkan pola crop formation itu dibuat dengan menggunakan perpektif galaksi. (buatan tak diketahui)


5. Crop Circles Etchilhampton 

Crop formations terpanjang terlihat di Etchilhampton, Wiltshire, Inggris pada tahun 1996.

Bentuknya berupa lingkaran dan jalan kecil yang saling bertautan yang jika diukur akan sepanjang kurang lebih 1250 meter dari satu ladang ke ladang lainnya.

Uniknya, pada sisi paling pinggir dari lingkaran ini, pola tanaman seperti dianyam walau padahal tidak.

Pola “seperti dianyam” inilah yang membuat crop circles ini beda dari yang lainnya dan dapat dilihat pola garis lingkaran pinggir yang berbentuk seperti dianyam pada video dibawah ini. (buatan tak diketahui)


6. Crop Circles Alton Barnes

Sebuah crop formation berbentuk mandala dengan tujuh kelopak ditemukan pada 9 Juli tahun 1998 di East Field – Alton Barnes, Wiltshire, Inggris.

Area seluruh crop circles yang membentuk pola tersebut membentang seluas 6.000 meter persegi. (buatan tak diketahui)


7. Crop Circles Milk Hill

Rekor untuk crop formation dengan desain terbesar dan lingkaran terbanyak dalam sebuah formasi masih dipegang sebuah motif yang ditemukan di Milk Hill, Wiltshire, Inggris.

Pada 12 agustus 2001, pola dengan 409 lingkaran kecil membentuk sebuah desain berlengan enam berdiameter sekira 243 meter.

Para peneliti juga berpendapat bahwa crop circles ini tak mungkin dibuat oleh manusia karena kesempurnaannya. Dan juga tak dapat dibuat oleh manusia walau mereka terdiri dari belasan orang, apalagi dibuat hanya dalam waktu semalam! (buatan tak diketahui). 
(nationalgeographic.co.id/ icc.wp.com)

Semoga bermanfaat ya.. :-)

Baca Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar