Sabtu, 31 Desember 2011

3 Hal Yang Membuat Pekerjaan Menjadi Ibadah

Mungkin kita sering mendengar kata-kata "Jadikanlah setiap pekerjaan sebagai ibadah." Banyak orang berpikir bagaimana caranya agar pekerjaan kita bisa disebut sebagai ibadah atau setidaknya dalam bekerja kita bisa masuk ke dalam spiritualitas, mensyukuri anugerah yg Tuhan sudah berikan lewat pekerjaan kita. Apapun kepercayaan kita, pasti kita mengenal yg namanya ibadah, dan ibadah itu bukan hanya dengan pergi ke tempat ibadah dan berdoa tapi dalam kehidupan sehari-haripun kita juga bisa beribadah termasuk dalam bekerja. Berikut ini adalah 3 hal yg menjadi kunci agar pekerjaan kita menjadi ibadah:

1. Diawali Dengan Niat Yang Baik.

Bill Gates bisa sukses karena dia punya niat yang baik dalam bekerja. Ketika dia membangun Microsoft,visinya adalah "Agar setiap rumah di Amerika memiliki setidaknya 1 komputer." Karena itulah dia membuat software Microsoft untuk memudahkan kita dalam menggunakan komputer dan terbukti banyak orang menggunakan aplikasi buatan Microsoft(word, excel, internet explorer, dll). Dan banyak aplikasi Microsoft yg bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari seperti dalam bekerja, membuat tugas, presentasi, dll.

Apakah saat kita bekerja kita mengawalinya dengan niat yg baik.Ada orang yg bekerja agar dia bisa mencukupi kebutuhan keluarganya dan membahagiakan mereka, ada juga yg bekerja agar dia bisa memiliki uang untuk bersenang-senang, ada pula yg bekerja daripada dia menganggur di rumah atau agar dia bisa berkontribusi dalam bermasyarakat. Terlepas dari apapun niat kita dalam bekerja ada baiknya kita instropeksi diri. Apa yg menjadi niat atau tujuan kita dalam mengawali pekerjaan kita? Apakah kita mengawalinya dengan niat yg baik?

2. Dikerjakan Dengan Cara Yang Baik.

Steve Jobs dan Apple memberi kita contoh dari apa yg mereka kerjakan, dan berkat kerja keras merekalah kita bisa menikmati barang elektronik yg canggih di zaman modern ini. Saat dunia baru mengenal walkman dan beralih ke discman sebagai pemutar musik portabel, Apple membuat iPod yg lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana, selain itu bisa menyimpan banyak lagu didalamnya. Apple tahu bahwa orang ingin sesuatu yg simpel dan efisien. Daripada membawa walkman/discman yg berukuran besar dan hanya bisa memutar beberapa lagu (tergantung kaset/CDnya) bukankah lebih baik membawa iPod yg lebih mungil dan bisa memuat banyak lagu.

Jika saat ini kita dituntut untuk bergerak cepat di dunia yg penuh mobilitas seperti ini,kita butuh setidaknya komputer jinjing seperti laptop atau notebook. Dan karena Apple tahu bahwa, sekali lagi, orang butuh sesuatu yg simpel dan efisien, mereka membuat iPad yg lebih mudah dibawa dengan ukuran yg lebih kecil dan fleksibel (selain untuk bisnis bisa juga untuk hiburan). Dan iPad menjadi perintis kemajuan komputer tablet di seluruh dunia.

Apple melakukan pekerjaan mereka dengan sangat baik. Mereka bekerja di bidang teknologi dan harus membuat sesuatu yg bermanfaat bagi masyarakat. Apakah kita sudah megerjakan pekerjaan kita dengan baik? Sebagai sales marketing apakah kita sudah melayani customer kita dengan baik? Sebagai akunting apakah kita sudah menyusun anggaran dengan baik? Sebagai manager apakah kita bisa memimpin karyawan dengan baik dari sikap dan cara kerja kita? Tentu saja kita juga harus mengerjakannya dengan ikhlas dan penuh ketulusan. Apapun pekerjaan anda, kerjakanlah dengan cara yg baik bahkan yg terbaik.

3. Digunakan Untuk Hal Yang Baik.

Barcelona saat ini disebut sebagai tim terbaik, sepakbola indah yg atraktif dan menghibur dan 12 piala yg mereka raih dalam 3 musim terakhir menjadi bukti kesuksesan mereka. Logo di kostum tim mereka adalah Unicef (saat ini selain Unicef ada Qatar Foundation). Tahukah anda bahwa biasanya sponsorship membayar kepada klub agar logo perusahaan mereka bisa terpampang di kostum klub dan mereka membayar untuk itu. Tapi tidak dengan Barcelona,malah sebaliknya,0,7% dari pendapatan mereka pertahun didonasikan untuk Unicef, sebuah badan amal PBB untuk kesehatan & kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Berbanding terbalik dengan klub-klub lain yg ingin meraih untung dan pendapatan tambahan dari kontrak sponsor. Apakah dengan menyumbang Barcelona menjadi tim yg miskin? Tidak,kenyataannya mereka meraih sukses dengan menjuarai berbagai kompetisi dan tentunya menambah pemasukan mereka. Bahkan para pemainnya seperti Lionel messi membuat yayasan sosial dari kocek pribadinya, dan ada banyak lagi donasi yg mereka berikan untuk orang lain yg membutuhkan.

Dalam bekerja kita pasti menerima hasil, dalam hal ini adalah salary. Apakah kita menggunakan gaji kita untuk hal yg baik? Oke, mungkin kita tidak menyumbang atau beramal tapi apakah kita menggunakannya untuk hal-hal yg baik. Menyekolahkan anak, mencukupi kebutuhan rumah tangga, biaya untuk berobat, ada banyak hal lain yg bisa kita berikan untuk hal-hal yg baik. Bahkan setidaknya kita bisa menggunakannya untuk sesuatu yg bersifat positif seperti investasi. Apakah kita sudah menggunakan hasil yg kita peroleh dari bekerja untuk hal yg baik?

--- Semoga kita bisa membuat pekerjaan kita menjadi ibadah.---

Baca Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar