Kamis, 22 Desember 2011

7 Binatang yang Lebih Cerdas Dari Manusia

Tahukah anda ada hewan yg lebih cerdas dari manusia?
Hewan-hewan berikut ini memang hanyalah sedikit dari beberapa hewan yg memiliki kecerdasan melebihi manusia,,
namun ane tegaskan sekali lg y ..Mahkluk Ciptaan Allah yang paling sempurna tetaplah Manusia..
jadi ane bukan bermaksud memprovokasi ato mnjelek2kan manusia..
ane cuma share pengetahuan aja ...

Langsung saja, ketujuh hewan yang akan saya gambarkan dibawah ini memang lebih cerdas daripada kita. Namun tetap manusia ciptaan Allah yg paling sempurna...

1. Burung Merpati (Homing Pigeons)

Sementara manusia perlu beberapa jenis peta dan kompas untuk menemukan jalan pulang setelah perjalanan yang panjang , burung merpati dapat kembali dari jarak yang sangat panjang (lebih dari 1.100 mil) tanpa bimbingan apapun.

Yah, pada kenyataannya mereka memiliki beberapa bantuan: Menurut penelitian oleh Universitas Frankfurt, merpati ini memiliki besi yang mengandung struktur di paruh mereka, yang membantu mereka merasakan medan magnet bumi independen gerak dan postur tubuh, sehingga dapat menentukan posisi geografis mereka.

2. Semut (Ants)

Meskipun ukuran mereka kecil, banyak varietas semut di dunia yg memiliki keterampilan luar biasa. Salah satunya yang paling mengesankan adalah smithii mycocepurus dari Amazon, sebuah spesies feminis super yang telah mengembangkan kemampuan untuk mereproduksi melalui kloning - pengeluaran dengan kedua seks dan laki-laki - untuk berevolusi menjadi jenis perempuan semua.

Menurut penelitian dari University of Arizona, tidak jelas ketika perubahan itu terjadi, tetapi dengan mereproduksi tanpa seks, semut menghindari biaya energik produksi laki-laki dan dua kali lipat jumlah perempuan reproduksi yang diproduksi setiap generasi.

Tidak seperti kita manusia, semut juga telah mempelajari cara-cara yang efisien untuk mengatur lalu lintas super mereka. Pada 2006 penelitian oleh University of California Berkeley telah menetapkan bahwa semut perangkap-rahang (Odontomachus bauri) dapat menutup rahang pada kecepatan luar biasa: Penutupan berlangsung 0,13 milidetik, 2.300 kali lebih cepat dari sekejap mata. Hal ini memungkinkan mereka untuk melompat tinggi besar untuk ukuran mereka. Coba lihat video berikut ini:

3. Gajah (Elephants)

Mereka besar, dan terkadang mereka terlihat lelah dan lambat. Tapi itu tidak mengherankan bahwa hidung aneh mamalia ini benar-benar terdapat sesuatu: Penelitian dari University of St Andrews menunjukkan bahwa gajah dapat melacak sampai dengan 30 anggota yang tidak hadir dari keluarga mereka dengan mencium bau mereka dan membangun sebuah peta mental di mana mereka.

Bahkan lebih baik, menurut penelitian lain oleh Universitas yang sama, gajah dapat memberitahu apakah manusia itu ramah atau mengancam hanya oleh aroma dan warna pakaian manusia itu. Jadi semoga sukses mencoba untuk mengelabui mereka.

4. Rayap (Termites)

Di Zimbabwe, spesies rayap Macrotermes michaelseni telah mengembangkan suatu teknik yang tepat untuk peternakan jamur spesifik yang mereka makan. Seperti jamur ini hanya bisa tumbuh di 87 derajat Fahrenheit, dan suhu diluar jangkauan dari 104 derajat Fahrenheit pada siang hari dan 35 derajat Fahrenheit di malam hari, rayap memiliki suatu sistem untuk menjaga suhu mantap dalam gundukan mereka dengan terus-menerus membuka dan menutup pemanasan dan ventilasi pendingin.

Ini adalah ide yang berguna untuk Loughborough University yang telah melakukan penelitian untuk menggunakan teknik yang sama dalam bangunan manusia. Contoh Kasus itu - Pusat Eastgate di Harare, Zimbabwe yang telah mencontoh sistem rayap ini.

5. Simpanse (Chimps)

Banyak yang telah dikatakan tentang kecerdasan simpanse, dengan beberapa orang yang mengklaim mereka jenius dan yang lain mengatakan mereka hanya cerdas sebagai seorang anak berusia tiga tahun. Tentu saja, fakta yang sebenarnya jatuh di antara keduanya.

Tapi ada setidaknya satu area di mana simpanse lebih cerdas daripada manusia - memori fotografi. Sebuah studi oleh Primata Research Institute di Universitas Kyoto membuktikan simpanse muda memiliki kemampuan memori yang luar biasa bekerja untuk ingatan numerik, bahkan lebih baik daripada orang dewasa. Dan hal ini telah diuji dengan aparat yang sama, mengikuti prosedur yang sama juga.

Disajikan dengan urutan angka yang sama, simpanse kecil bisa ingat mereka, mengalahkan manusia. Tidak terlalu buruk.

6. Burung Gagak (Crows)

Bertentangan dengan sejumlah besar hewan dan spesies yg menghadapi kepunahan, gagak justru sebaliknya, mereka terus berkembang, mereproduksi di seluruh dunia, dengan pengecualian kecil Kutub Utara dan Selatan ujung Amerika Selatan.

Tetapi, meskipun mereka terbukti menjadi pintar dalam banyak hal (seperti Joshua Klein menjelaskan dalam pembicaraan TED), secara resmi para ilmuwan mengatakan mereka tidak lebih pintar dari manusia.

Namun, kapasitas luar biasa mereka untuk adaptasi cepat dan kemampuan untuk tinggal di kota-kota menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi lebih banyak daripada sekarang. Dan siapa tahu, suatu hari mereka mungkin melebihi populasi kita.

7. Ikan Lumba-Lumba (Dolphins)

Ok, sekali lagi, tidak resmi bahwa lebih pintar dari manusia, tapi lumba-lumba baru-baru ini menyatakan makhluk kedua di dunia yang paling cerdas (setelah manusia). Seorang ahli zoologi dari Emory University di Atlanta, Georgia, menurut The Times, bahkan telah pergi jauh untuk mengatakan kepada mereka "neuroanatomy menunjukkan kontinuitas psikologis antara manusia dan lumba-lumba," dan menyerukan untuk peninjauan kembali terhadap interaksi manusia-lumba-lumba. Ilmuwan lain dari Marymount Loyola University di Los Angeles bahkan disebut 'orang-orang non-manusia'.

Jadi ya, lumba-lumba lebih cerdas daripada simpanse dan dengan kemampuan komunikasi yang mirip dengan 'manusia. Otak mereka hanya separuh dari massa otak manusia, membuat mereka binatang budaya dengan kepribadian yang berbeda dengan kemampuan untuk berpikir tentang masa depan.

Semoga bermanfaat yah :)

Baca Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar